RSS

Tips belajar yang baik dan benar

15 Feb

Tips belajar yang baik dan benar

Fenomena aneh tapi nyata,, di kelas kita belajar di tempat, waktu bahkan guru yang sama, tetapi kenapa ya ketika ulangan tiba kenapa nilai nya berbeda beda, bahkan perbedaanya bisa sangat jauh,, nagh ini kemungkian terjadi karena tingkat kecerdasan para siswa berbeda2.. tapi bukan kah ada kata bijak mengatakan, orang pintar masih kalah dengan orang beruntung,, bisa saja nilai orang beruntung bisa lebih baik dari pada nilai siswa yang cerdas,, pada pilihan ganda misalnya,, ini sangat mugkin terjadi.. tapi apakah sampai kapankah kita akan teus berharap pada keajaiban ataupun keberuntungan kita,, bagaimana ketika ujian nasional kelulusan dewi fortune tidak berpihak kepada kita?… naah loo bingung kan,, apalagi kalo mpe gak lulus,,

Naagh postingan kali ini saya mencoba untuk berbagi tips dan trik belajar yang efektif, bagi anda yang merasa kurang begitu cerdas, jangan salahkan diri anda atau ortu kalian ya teman.. kata guru kita takdir itu ada 2,, takdir yang satu bisa di rubah dan yang satunya lagi tidak bisa di rubah,, naagh kalo kepinteran teman2 itu adl salah satu contoh takdir yang bisa di rubah,, makanya jangan pesimis dulu yaa,, tetap semangat belajar sob,,

Orang yang lebih pintar bukan jaminan nilainya bisa lebih baik dari kita,, tapi ini memang sudah menjadi hal yang wajar kalo nilai yang lebih bagus biasanya orang itu2 saja,, tapi jarang dari kita yang mau belajar dari cara belajar orang2 pintar ini,,  kita hanya suka mencontek hasil jawabanya tetapi proses belajarnya knapa gak di contek yaa?

Yakin dan percaya diri.. biasanya orang2 seperi kita cenderung hanya mengagumi teman orang yang lebih pintar dari kita,, tanpa mau mencoba atau bahkan menyaingi kepintaran mereka,, mungkinkah terjadi?… MUNGKIN.. Perlu di ketahui sukses tu berawal dari mimpi .  mimpi adalah tujuan,  kalo  kita gak punya mimpi gak punya tujuan maka sukses pun hanya menjadi angan2 belaka.. yakin lah dan temen2 harus percaya diri bahwa temen2 mampu menjadi lebih baik..

Terkadang manusia itu yang pinter gak selalu pinter dan yang kurang pinter bisa saja semakin pintar,, saya punya contoh,, saya mengamati 3 orang dan ternyata kesukseannya berbeda2,,

  1. Ketika SD biasa trus lanjut k SMP genius,, nilainya bagus2,, lalu ketika SMA ngedrop..
  2. Keika SD genius ranking perama dan kedua selalu di duduki,, Berlanjut k SMP makin Genius,, tetapi ketika SMA dan Kuliah nilainya biasa2 saja,, ngedrop lagi,,
  3. Ketika SD Biasa,, Berlanjut SMP makin pintar Berlanjut k SMA makin pintar lagi,,

Naagh momentum juga sangat berpengaruh bukan,, jadi bagi anda yang merasa kurang pitar anda masih punya kesempatan untuk menjadi lebih baik.. dan perubahan itu harus di mulai dari sekarang

Belajar gak boleh sembarangan yaaa,, belajar juga ada triknya lhow biar efektif.. Banyak temen2 yang dasarnya udah pintar trus ikut les oke mungkin bisa makin pinter tapi ada juga yang tanpa les skalipun masih bisa menandingi mereka yang les yang terutama anak orang kaya,, dan hasilnya memuaskan tanpa les pun bisa lebih pintar,,

Naagh inilah sedikit tips dan trik Belajar biar efektif,, gak usahlah belajar sampe larut2 berjam2 tapi percuma kalo materinya gak ada yang masuk..

Berikut tips dan trik Belajar sekaligus biar dapet hasil yang memuaskan,,

  1. Berdoa Sebelum dan sesudah Belajar,, Ini adalah point penting,, masih ingatkah tentang bahwa orang beruntung lebih baik daripada orang pintar? Atau cerdas?.. Lalu apakah temen2 tahu syapa siy yang ngasih keberuntungan,, dan Allah lah jawabanya,, jadi dengan berdoa Syapa tau keberuntungan bisa berpihak kpd temen2,, seenggaknya akan di beri kemudahan dalam proses belajarnya
  2. Kunci awal agar temen2 pintar adl ketika guru atau dosen atau para pengajar menjelaskan, temen2 harus bener2 memperhatikan,, sebisa mungkin harus di pahami,, ini awal otak merekam materi2,, semakin paham akan semakin mudah masuk ingatan,, kalopun ada yang dirasa kurang jelas janganlah ragu untuk bertanya,,
  3. Bagi yang belum terbiasa mengingat,, coba ingat dan pelajari pelajaran yag tadi di pelajari,, untuk lebih mempertajam ingatan temen2
  4. Belajarlah di saat2 temen2 ngerasa Mood.. yaa,, kalo kita gak mood mo belajar berapa jam aja biasanya tetep aja gak ada yang masuk.. biasanya saat2 mood ketika malam api jangan terlalu malam yaa, atau subuh atau sesaat sebelum masuk kelas dan ketika istirahat,, cobalah belajar di saat2 ini,,
  5. Pelajari bab demi bab sedikit demi sdikit,, sebelum paham atau hapal jangan coba mempelajari bab berikut karena hal ini akan membuat buyar ingatan,, bisa2 mood belajar temen2 bisa hilang.. alon2 asal klakon,, bahasa jerman nya kayak gituJ
  6. Setelah dapat banyak materi yang di hapal dan di pelajari coba deh temen2 rangkum sendiri materinya,, pake kertas kecil di lipat dan d sambung biar panjang,, ini bertujuan untuk mematangkan daya ingat temen2
  7. Lakukan tanya jawab dengan teman,, hal ini  akan menambah dan mempermudah otak untuk mengingat lewat pendengaran,,
  8. Untuk materi praktek seperti komputer olahraga matematika dsb. Sering2lah mempraktekannya,, biasanya yang seperti ini lebih mudah karena praktek lebih menyenangkan dari pada teori, kita lebih banyak belajar dari kesalahan kita sendiri dan memperbaikinya,,, semakin temen2 menyukai semakin mudah temen2 menguasai materi2 tsb apalagi semakin sering mempraktekanya,, waaah joz banget  lah,,
  9. Coba deh seebelum temen2 belajar ngaji dulu,, baca Alquran dulu,, konon bisa mempermudah otak kita dalam mengingat lhoow,, dan sudah saya praktekan.. apalagi kalo sudah terbiasa menghapal ayat2 suci Alquran,, niscaya akan lebih mudah otak anda untuk mengingat materi..
  10. Terakhir sebelum temen2 berangkat belajar atau ulangan mintalah doa restu ortu,, karena kata bang haji Roma restu Ortu adalah  Restu Tuhanmu jugaJ,,

Naagh it lah sedikit Tips dari saya,, mudah2an berguna buat temen2,, mudah2an masa yang akan datang generasi penerus Indonesia akan semakin baik pintar2 dan mengharumkan nama bangsa dan negaraJJJ

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Februari 2012 in pendidikan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: